Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Dialog Mahasiswa Pendidikan Teologi Dengan Majelis Gereja Masehi Injili Di Timor (GMIT) Imanuel Ruteng

lppm stkip santu paulus ruteng

Pada Kamis, 19 April 2018, sebanyak dua puluh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teologi STKIP Santu Paulus Ruteng melakukan kunjungan ke Gereja Masehi Injili  Timor (GMIT) Imanuel Ruteng. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan dialog tatap muka bersama Pimpinan Majelis GMIT.

Dok. Ibu Fransiska

Mahasiswa bersama Ibu Pendeta Threes M. Bukang.

Mahasiswa diterima dengan suka cita, ramah dan perhatian oleh Ketua dan Wakil Majelis GMIT yaitu Ibu Pendeta Threes M. Bukang, S.Si.Teol dan Ibu Pendeta Siswaty H.S.Tabun, S.Th. Kegiatan dijalankan di dalam gedung Gereja Imanuel.
Pada kesempatan tersebut, Ibu Pendeta Threes menjelaskan aneka aspek mengenai Gereja Calvinis khususnya GMIT kepada para mahasiswa yang beragama Katolik ini. Para mahasiswa juga sangat antusias mengajukan aneka pertanyaan guna memperdalam pengetahuan.
Kegiatan ini sangat positif untuk kedua belah pihak. Dengan mengunjungi gedung gereja Protestan, mahasiswa dapat melihat secara langsung tempat peribadatan, ruang dan aneka asesoris dan aspek dari sebuah gedung gereja yang berbeda dari tradisi mereka. Mahasiswa juga memperoleh penjelasan langsung dari nara sumber yang terpercaya.
Selain itu, berada bersama, bercerita, bersua dan bertanya jawab sangat efektif meningkatkan rasa saling menghormati, mencintai dan menghargai. Ini adalah dialog yang sejati antara penganut agama.

Menurut Ibu Dr. Fransiska Widyawati, selaku dosen pendamping yang menginisiatif kegiatan ini, belajar mengenai agama lain di kelas tidaklah cukup. Relasi baru terjalin dengan baik mana kala ada rasa persaudaraan yang sebaiknya dipupuk dari pengalaman konkret yaitu duduk bersama, berbagi cerita dan bertukar pengetahuan.
Di dalam kegiatan ini, kedua belah pihak, yakni Majelis GMIT Imanuel Ruteng dan Program Studi Pendidikan Teologi berjanji untuk terus menjaga relasi baik ini dan mencari peluang-peluang dialog baru ke depannya. (FW/admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*