Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Dosen UKI Santu Paulus Ruteng Jadi Salah Satu Peserta Forum International Ministerial to Advance Religious Freedom di USA

LPPM

Kampus Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng kembali berbangga. Salah satu dosen, Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum, menjadi perserta dalam Forum Internasional Ministerial to Advance Religious Freedom yang diselenggarakan oleh Pemerintah Amerika Serikat. Dosen Program Studi Pendidikan Teologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tersebut diberi kesempatan untuk turut serta dalam kegiatan bergengsi ini, yang dilaksanakan sejak 16 sampai 18 Juli 2019 di Amerika Serikat.Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekteraris Negara, Mike Pompey, sebagai host dari Ministerial to Advance Religious Freedom. Tidak hanya menghadirkan para akademisi dari berbagai Negara, forum itu juga dihadiri oleh pemimpin-pemimpin agama, para aktivis, maupun pejabat-pejabat Negara dari seluruh dunia.

Forum ini menekan isu kebebasan beragama yang merupakan hak dasar setiap manusia. Segala bentuk kekerasan, persekusi, dan diskriminasi karena agama harus dihapus. Amerika Serikat secara khusus mendukung advokasi bagi terwujudnya kebebasan ini di seluruh dunia.

Hadir sebagai pembicara dan panelis dalam seminar di antaranya Tony Blair (Perdana Mentri Inggris), Jan Figel (EU Special Envoy for Promotion of Freedom of Religion or Belief), Ahmed Shaheed (Special Rapportuer on Freedom of Religion Belief dari PBB), Nancy Pelosi (US House of Representative) dan banyak tokoh lainnya. Selain itu, hadir pula para penyintas yang telah survive dari persekusi agama seperti dari Sri Langka, New Zealand, China, dan lain-lain.

Isu ini sangat relevan pula dalam konteks Indonesia. Sebagai akademisi dengan latar belakang keilmuan dalam bidang Interreligious Studies, Dr. Fransiska diharapkan bisa belajar banyak dari forum ini guna mengembangkan lebih baik lagi pendidikan dan kajian penelitian yang pro terhadap isu agama yang berkeadilan dalam konteks Indonesia, termasuk di Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Rektor Universitas Katolik Indonesia Santu, Paulus Pastor Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A., kehadiran salah satu dosen kampus ini merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi, peserta yang hadir sebagai utusan dari Negara-negara sangat terbatas. Selain kualifikasi pribadi Dr. Fransiska, hal itu juga menjadi tanda pengakuan atas kampus Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*