Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Hibah Bersaing Bantuan Penulisan Buku

Untuk meningkatkan partisipasi dosen dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah, LPPM mendorong para dosen untuk terlibat dalam kompetisi “Hibah Bantuan Penulisan Buku”. Buku yang dimaksudkan di sini mencakup buku seperti: buku teks, buku ajar, buku referensi, buku populer atau buku lainnya yang langsung berkaitan dengan sumber belajar atau rujukan bagi mahasiswa internal kampus STKIP St. Paulus Ruteng atau kampus-kampus lainnya di Indonesia maupun sebagai bacaan bagi masyarakat luas. Buku yang telah ditulis akan diterbitkan dan ber-ISBN. Adapun ketentuan aplikasi hibah ini sbb:

  1. Hibah Bantuan Penulisan Buku ini terbuka bagi semua dosen STKIP St. Paulus Ruteng, dilaksanakan secara berkelompok, dan dikompetisikan secara terbuka. Proposal yang masuk akan diseleksi oleh tim reviewer internal yang ditugaskan oleh LPPM.
  2. Satu proposal diajukan oleh sebuah tim PkM yang berjumlah minimal 3 dosen pada satu program studi ataupun lintas program studi. Sangat dianjurkan bagi dosen-dosen yang mengampu mata kuliah yang sama pada satu atau lebih program studi atau dosen-dosen yang mempunyai keahlian dan minat yang sama pada satu bidang kajian untuk bergabung menjadi sebuah tim.
  3. Satu tim hanya boleh mengirimkan satu proposal dan tidak diperkenankan satu atau lebih anggota tim menjadi ketua atau anggota tim pada proposal hibah bersaing Bantuan Penulisan Buku lainnya.
  4. Setiap anggota tim tidak diperkenankan untuk menjadi ketua atau anggota tim pada jenis hibah lainnya yang diselenggarakan oleh LPPM tahun akademik 2015-2016, yakni Hibah Bersaing Penelitian Dosen dan Hibah Bersaing PkM Dosen.
  5. Tema atau judul buku bebas. Sangat dianjurkan untuk mengajukan tema atau judul buku yang isinya dapat dipakai oleh mahasiswa internal atau lintas kampus atau masyarakat luas. Buku yang ditulis harus mengikuti ketentuan-ketentuan umum sebuah buku/karya ilmiah. LPPM dapat membatalkan penerbitan buku yang proposalnya telah menang hibah jika isinya tidak lengkap dan atau tidak memenuhi syarat yang ditentukan serta tidak memenuhi kaidah ilmiah lainnya.
  6. Jika dipandang perlu, LPPM dan atau reviewer dapat saja meminta seorang yang dianggap ahli atau pakar yang sesuai dengan tema yang diajukan tim untuk menjadi pendamping dan atau editor khusus dari buku yang diajukan. Pakar atau ahli tersebut akan bertugas sebagai pihak yang mengontrol isi dan sekaligus menjadi salah satu dari anggota tim penulis dalam proses pelanjutnya. Tim ahli tersebut akan diberikan honor pendampingan di luar dana yang diberikan kepada tim penulis awal.
  7. Hak cipta buku yang akan diterbitkan ada pada pihak LPPM.
  8. Besarnya hibah yang diberikan adalah Rp. 25.000.000, (dua puluh lima juta rupiah) dengan ketentuan khusus sbb:
    • 20% akan diberikan kepada anggota tim sebagai penghargaan penulisan buku dan sebagai hadiah pemenangan kompetisi
    • 5% diberikan kepada tim penulis untuk mengganti biaya ATK, foto copy, dll. yang langsung berkaitan dengan pengeluaran tim saat proses penulisan buku.
    • 75% dipakai untuk membayar biaya penerbitan, percetakan dan pengiriman buku cetakan pertama. Jumlah eksemplar yang dicetak disesuaikan dengan pagu anggaran yang tersedia.
    • Penulis dapat mengajukan jumlah cetakan yang melampaui jumlah anggaran dengan syarat biaya ditanggung sendiri oleh para penulis.
    • Proses pemilihan tempat percetakan akan diputuskan bersama oleh tim penulis dan LPPM guna mendapatkan harga, mutu dan proses yang baik.
    • Tim penulis buku selanjutnya berhak atas buku yang telah diterbitkan sesuai dengan pagu anggaran LPPM dikurangi 15 eksemplar sebagai arsip bagi LPPM dan untuk perpustakaan STKIP ST. Paulus Ruteng.
    • Sedangkan untuk buku yang dicetak dengan menggunakan anggaran pribadi penulis baik untuk cetakan pertama atau seterusnya maka, LPPM berhak atas royalti penerbitan sebesar 30%. Hal ini akan menjadi sumber pendapatan LPPM yang akan diserahkan kepada Yayasan St. Paulus melalui pihak sekolah.
    • Seluruh proses penjualan buku adalah tanggung jawab tim penulis sendiri
  9. Proposal yang diajukan memenuhi kerangka berikut ini:
    1. Judul atau Tema buku
    2. Penjelasan singkat mengenai isi buku, tujuan penulisan buku, target pembaca buku (1 halaman)
    3. Penjelasan mengapa buku ini dianggap perlu untuk diterbitkan (maks. 1 halaman)
    4. Penjelasan kepentingan penerbitan buku tersebut dengan perkuliahan di STKIP, di kampus-kampus lain (maks. 1 halaman) atau bagi pembaca publik umumnya
    5. Daftar judul-judul buku sejenis yang sudah pernah ditulis/diterbitkan pihak lain dan sejauh mana buku yang sudah ada berbeda atau sama dengan buku yang hendak diajukan dalam hibah bersaing ini (2 halaman).
    6. Rancangan isi/sistematika buku (disesuaikan)
    7. Referensi yang dipakai untuk menulis buku (disesuaikan)
    8. Riwayat hidup penulis dan penjelasan/pendasaran mengapa penulis dianggap layak menulis buku tersebut (disesuaikan)
    9. Managemen dan target penjualan buku (disesuaikan)