Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Kelompok Mahasiswa KKN UKI Santu Paulus Di Desa Lewur Bagikan Tempat Sampah Kreatif

LPPM STKIP Santu Paulus Ruteng

Mahasiswa peserta KKN Integratif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katholik Indonesia Santu Paulus Ruteng membuat dan membagikan tempat sampah yang terbuat dari bahan dasar bambu dalam kegiatan bakti sosial di dusun Bangka Desa Lewur  Kecamatan Kuwus pada Senin, 29 Juli 2019.

Emanuel Suryadi selaku koordinator kelompok mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program responsif atas masalah diare yang sering melanda desa Lewur. Bahkan pada tahun 2017 lalu, masalah diare sempat menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) ,karena menelan korban jiwa seorang anak yang berusia sekitar 3/5 tahun.

“Pada tahun 2017 lalu, masalah diare pernah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di desa Lewur karena menyebabkan seorang anak berusia sekitar 3/5 tahun kehilangan nyawanya. Ini merupakan program responsif atas masalah diare tersebut.” demikian Suryadi dalam keterangannya.

Tim kesehatan setempat mengatakan bahwa, masalah diare yang sering terjadi di desa Lewur lebih banyak disebabkan oleh lingkungan kotor, sehingga air dan makanan gampang terkontaminasi.

Merespon hal itu, pemerintah desa setempat sudah melakukan berbagai usaha seperti penertiban kandang babi yang dibangun dekat daerah pemukiman warga. Butkinya mulai tahun 2018, presntasi masalah diare semakin menurun dan tidak ada lagi masyarakat yang kehilangan anggota keluargaanya karena diare.

Hal seperti ini juga akan dilakukan di tiga dusun lainnya di desa Lewur. Eman juga berharap agar kegiatan ini dapat membantu pemerintah setempat dalam usaha menyelesaikan masalah kebersihan lingkungan.

“Hari ini kami melaksanakan program ini di dusun Bangka. Esok dan seterusnya kami juga akan melakukan hal yang sama di tiga dusun lainnya yang ada di desa Lewur. Kami juga berharap sekiranya kegiatan ini dapat membantu pemerintah desa yang sudah berjuang keras dalam mengatasi masalah kebersihan lingkungan.”

Vinsensius Jadu selaku aparat desa lewur mengaku bangga atas program kerja bakti dan bagi-bagi tempat sampah yang sudah dicanangkan oleh para peserta KKN tahun 2019 dari UKI Santu Paulus Ruteng. Ia berharap dengan program seperti ini dapat menggugah hati dan pikiran masyarakat desa Lewur untuk menjaga arti penting dari kebersihan lingkungan.

”Saya bangga atas program yang sudah dijalankan oleh adik-adik peserta KKN di desa kami. Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat menggugah hati dan pikiran masyrakat tentang arti penting dari kebersihan lingkungan.”, ujarnya.

Untuk diketahui, program ini merupakan salah satu dari semua program yang sudah direncanakan oleh kelompok KKN desa Lewur.

 

Penulis: Emanuel Suryadi (mahasiswa KKN UKI Santu Paulus Ruteng)/admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*