Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Kelompok PKM-K PBSI STKIP Santu Paulus Ruteng Membuat Produk Tange Motif Tenunan Lokal

lppm stkip santu paulus ruteng

Sejumlah mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng melaksanakan pelatihan pemroduksian tange (bantal) bermotif tenunan lokal daerah Manggarai khusus bantal sandaran sofa. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STKIP Santu Pulus Ruteng.PKM yang dibimbing oleh Angela Klaudia Danu, M.Pd tersebut di laksanakan di rumah Ibu Angel di kelurahan Tenda, Sabtu dan Minggu (10-11/3/2018). Kegiatan yang dilakukan adalah membantu proses dan cara kerja pembuatan tange bermotif songke yang dipandu oleh pembimbing.

Mahasiswa tingkat II dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang terlibat adalah Leontine Ripawan Gadi sebagai ketua tim bersama dua anggotanya Yuliana Jelindung dan Apriia Asri Patas. Terkait tujuan kegiatan, Angelina Claudia Danu, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan tersebut guna mengembangkan daya kreatifitas mahasiswa terutama dalam menciptakan atau memproduksi produk-produk lokal seperti Tange yang bergantung pada bentuk, motif serta keindahan.

Produk ini tentu saja menjadi sangat menarik dan berbeda dengan produk lain karena memiliki unsur budaya yang khas dan bahan baku yang digunakan cukup mudah diperoleh. (tim PKM/admin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*