Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Program Baksos Mahasiswa KKN UKI Santu Paulus Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Desa Orong Akan Pentingnya Kesehatan Lingkungan

LPPM

Kesehatan lingkungan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Maka kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat demi mencegah berbagai sumber penyakit. Hal ini, menjadi perhatian khusus mahasiswa KKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng yang bertugas di Desa Orong, kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Mahasiswa KKN bersama masyarakat desa Orong yang terdiri dari empat dusun, di antaranya dusun Langke Orong, Wae Damar, Dusun Karot dan Dusun Seor, bekerjasama melakukan kegiatan Bakti Sosial dengan membersihkan lingkungan sekitar pemukiman warga, pinggiran jalan maupun tempat umum lainnya seperti tempat ibadah dan lingkungan kantor desa.

Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan salah satu program dan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat yang direcanakan mahasiswa KKN di Desa Orong dengan tujuan memberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan lingkungan melalui kegiatan kebersihan dan perawatan di sekitar tempat tinggal masyarakat. Kegiatan Bakti Sosial pun merupakan salah satu upaya mencegah munculnya berbagai sumber penyakit yang dapat mengancam kesehatan masyarakat setempat.

Ibu Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum, selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN di Desa Orong menyampaikan ucapan terimakasih atas antusias masyarakat terhadap kegiatan Bakti Sosial tersebut dan bahwa program Bakti Sosial adalah salah satu program yang telah direncana sejak lama bersama mahasiswa yang didampingi. Selain sebagai bentuk peduli lingkungan, kegiatan ini juga adalah bagian dari edukasi yang bisa dibagikan para kaum akademik kepada masyarakat yang dikunjungi. Ibu Fransiska berharap, agar kegiatan bakti sosial akan terus dilanjutkan masyarakat dan pemerintah desa bisa menjadi penggerak yang aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*