Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

PKM PERAYAAN NATAL YESUS KRISTUS HIKMAT ALLAH BAGI UMAT STASI JONG-KEUSKUPAN RUTENG

PkM LPPM STKIP Santu Paulus Ruteng

Perayaan Natal secara umum dikenal sebagai perayaan kelahiran Tuhan Yesus. Bagi orang kristen kelahiran Tuhan Yesus adalah peristiwa luar biasa. Dengan kelahiran itu Allah menunjukkan cinta-Nya yang sangat besar kepada umat manusia. “Karena begitu besar kasih Allah bagi manusia, maka Ia mengutus Putra-Nya yang tunggal untuk menebus dosa kita”. Dengan demikian Yesus Kristus adalah hikmat Allah bagi kita. Dia menunjukkan betapa kita manusia dicintai Allah, dan bahwa Allah menghendaki kita untuk hidup berhikmat sesuai nilai-nilai kerajaan-Nya. Yesus menunjukkan hikmat Allah tidak hanya dengan perkataan tetapi terutama dengan seluruh cara hidupnya. Sejak kelahiran-Nya di Betlehem Ia menunjukkan kerendahan hati-Nya. Selama hidupnyapun Ia selalu rendah hati, berbelasikasih, adil dan rela berkorban. Nilai-nilai inilah yang perlu dihidupi setiap kali orang kristen merayakan Natal. Persoalannya, seringkali umat termasuk umat di Paroki Jong merayakan Natal secara superficisial. Natal seringkali identik dengan pesta kembang api, musik dan dekorasi kandang natal di mana-mana, dan pesta dari rumah ke rumah. Orang sering kali jarang masuk ke inti terdalam perayaan tersebut yakni menimba hikmat Allah di dalam Kristus.

Berhadapan dengan persoalan tersebut, dosen STKIP Dr. Agustinus Manfred Habur (NIDN 0806096901) dan  Dr. Martin Chen (NIDN 0827027101) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berjudul “PKM PERAYAAN NATAL YESUS KRISTUS HIKMAT ALLAH BAGI UMAT STASI JONG-KEUSKUPAN RUTENG”. Kegiatan telah berlangsung tanggal 24-26 Desember 2018, dan bertempat di stasi Jong, Paroki Tilir, Keuskupan Ruteng. Kegiatan PKM terdiri dari perayaan Misa Natal, kotbah dan kunjungan keluarga. Dalam perayaan misa, umat semua berkumpul di kapela Stasi Jong. Dewan stasi dan umat dari pelbagai Komunitas Basis Gerejani turut hadir dalam misa tersebut. Selanjutnya pendamping PKM memberikan kotbah tentang Yesus Kristus Hikmat Allah bagi kita umat stasi Jong. Ditekankan makna kelahiran Yesus sebagi hikmat Allah, dan panggila manusia untuk hidup berdasarkan hikmat tersebut yakni menghayati keseharian berdasarkan nilai-nilai kerajaan Allah: rendah hati, belaskasih, adil, dan rela berkorban. Selanjutnya ada kunjungan keluarga untuk syering tentang penghayatan nilai-nilai injil dalam kehidupan sehari-hari.

PKM ini telah berjalan dengan baik. Meskipun hujan, banyak umat hadir dalam perayaan misa Natal. Luaran dari PKM adalah pemahaman yang tepat tentang natal sebagai kelahiran Yesus yang menjadi hikmat Allah bagi manusia. Pemahaman tersebut membangun tekad baru untuk menghayati nilai-nilai Kerajaan Allah dalam kehidupan sehari-hari. (admin)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*