Call For Papers

Call For Papers

International Conference on Education, Culture and Humanities Selengkapnya »

 

Tim PKM STKIP Santu Paulus Ruteng Memberikan Pelatihan Pengembangan E-Moodul di SMPN 2 Langke Rembong

Lppm STKIP Santu Paulus Ruteng

Tim Program Kreativitas Mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng memberikan pelatihan pengembangan e-modul menggunakan aplikasi lektora inspire kepada kelompok Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) matematika Sinar Harapan di SMPN 2 Langke Rembong. Tim PKM terdiri dari kelompok mahasiswa serta dosen bendamping merupakan satu dari sekian kelompok yang memenangkan hibah Program kreativitas Mahasiwa (PKM) TA. 2017/2018 yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STKIP Santu Paulus Ruteng. Program hibah ini ditawarkan kepada seluruh mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng dan mengharuskan setiap kelompok untuk didampingi oleh seorang dosen.

Kelompok PKM ini dipimpin oleh Margareta Andul selaku ketua dalam bimbingan Bapak Maximus Tamur, M.Pd selaku dosen pendamping. Peserta kegiatan adalah para guru matematika tingkat SMP se-kecamatan Langke Rembong dan dilakukan selama 2 hari yaitu Senin dan Selasa (26-27 Februari 2018). Kegiatan diawali dengan berbagai sambutan.

“Selama ini komunikasi antara saya dengan kelompok PKM ini cukup mendalam, Kampus STKIP Santu Paulus Ruteng memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kualitas para guru dalam mengajar dan mengevaluasi” terang Ketua MGMP Sinar Harapan Kecamatan Langke Rembong. bapak Benediktus H. Lagut, S.Pd yang akrab disapa Pak Beni,

Lebih lanjut Pak Beni menuturkan pentingnya para guru menyesuikan diri dengan perkembangan teknologi dalam pembelajaran. “Kehadiran kelompok PKM yang memberikan pelatihan membuat bahan ajar interaktif dan game edukasi dari kelompok PKM STKIP Santu Paulus Ruteng pada dasarnya membantu para guru yang tergabung dalam MGMP Sinar Harapan. Untuk itu kami berterima kasih kepada lembaga STKIP Santu Paulus melalui kelompok PKM yang sudah bekerja sama dengan kita untuk saat ini dan kedepannya”, tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMPN 2 Langke Rembong bapak Sabinus Eda, S.Pd dalam sambutannya menuturkan arti penting kehadiran perguruan tinggi dalam bingkai kerja sama dengan kelompok MGMP Sinar Harapan. “Sebagai tuan rumah kegiatan hari ini, saya yakin kehadiran para mahasiswa dan dosen akan memberikan pengaruh yang baik kepada para guru. Untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada mahasiswa serta dosen pendamping dan khsusnya lembaga STKIP Santu Paulus Ruteng. Saya berharap melalui kegiatan hari ini prestasi siswa setidaknya mengalami peningkatan untuk tahun-tahun mendatang” terang Pak Sabinus.

Dosen STKIP Santu Paulus Ruteng bersama Kepala Sekolah SMPN 2 Langke Rembong

Dosen STKIP Santu Paulus Ruteng bersama Kepala Sekolah SMPN 2 Langke Rembong

Sebagi narasumber pada pelatihan tersebut Maximus Tamur, M.Pd yang akrab disapa Pak Mex menuturkan bahwa tuntutan perkembangan memacu para guru untuk mampu mengembangkan profesionalisme melalui daya kreasinya dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Kreativitas ini bukan hanya dalam hal menciptakan metode dan strategi pembelajaran yang lebih menarik, bermakna, dan menyenangkan, tetapi juga dalam penyediaan sarana belajar yang lebih variatif dan fungsional agar mampu mendukung kelancaran dan keberhasilan pembelajaran peserta didik. “Selama ini ada kesenjangan antara sarana belajar yang digunakan dengan situasi pembelajaran yang diharapkan. Untuk itu guru perlu mendesain bahan ajar yang interktif dan kemasan game edukasi sesuai dengan karateristik siswa. Inilah dasar pijakan kami memberikan pelatihan kepada para guru. Adapun aplikasi yang digunakan adalah lektora inspire seri 8 yang dari segi penggunaannya sangat mudah” kata Pak Mex.

Luaran yang dihasilkan dari kegiatan tesebut berupa bahan ajar interaktif dan rancangan game edukasi dari para peserta. (Tim PKM/Admin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*